Kuliner Toge Goreng Mang Oleh Khas Bogor

By Admin


nusakini.com - Pastinya banyak yang sudah tau dong makanan Bogor yang satu ini, toge goreng. Mmmh...dengarnya aja  langsung terbayang dan ingin menyantapnya, bagi yang baru akrab dengan makanan ini tentunya masih mengira-ngira seperti apa ya si toge goreng ini.

Sebenarnya banyak sih tempat kuliner toge goreng terkenal di Bogor, seperti toge goreng Pak Iwon, toge goreng gebro putra, juga yang berdampingan dengan toko roti Bogor permai di Sudirman, dengan cita rasa masing-masing. namun dari sekian banyak toge goreng, Kali ini pengen mampir di toge gorengnya Mang Oleh yang letaknya di jl dewi sartika, kawasan pasar siiih...tapi rasanya ga kalah dengan toge goreng yang lain.

Bagi yang belum pernah mencicipi kuliner ini jangan dibayangkan toge goreng ini digoreng dengan minyak lho, hanya namanya saja digoreng namun proses pembuatannya sama sekali tidak digoreng. Sebaliknya cara mengolahnya dengan merebus toge bersama Mie diatas piring logam yang bulat lebar ada juga dengan yang terbuat dari tanah liat, alami sekali, dan kompornyapun dengan menggunakan kayu bakar, jadi saat kita santap ada aroma bau asap gitu, tapi justru ini lah yang buat unik.

Setelah toge dan Mie  direbus dengan sedikit air yang mendidih sebentar saja hanya membuat togenya layu kemudian ditiriskan dan dituang ke piring, setelah itu diberi potongan lontong atau ketupat juga tahu baru disiram dengan bumbu nya atau kuah yang terbuat dari tauco yang sudah dimasak dengan daun bawang dan bumbu lainnya....baru diberi sedikit kecap, terakhir tambahkan sambal sesuai selera.

Nah ni dia toge goreng Mang Oleh siap disantap, Rasanya ada manisnya, pedas, gurih, cita rasa nya tradisional sekali.(sr)